Skip to content

Target Produksi Perikanan Budi Daya Sulit Tercapai

21/10/2010

Target Produksi Perikanan Budi Daya Sulit Tercapai

Kamis, 21 Oktober 2010

JAKARTA – Produksi perikanan budi daya, hingga semester I-2010, masih di bawah target. Komisi IV DPR meminta Kementerian Kelautan dan Perikanan melakukan evaluasi. “Ya, memang belum tercapai karena anggarannya belum cair, masih di Kementerian Keuangan.

Jadi kita belum bisa menjalankan proyek minapolitan,” kata Menteri Kelautan dan Perikanan Fadel Muhammad di sela-sela rapat kerja dengan Komisi IV DPR di Jakarta, Rabu (20/10). Realisasi produksi perikanan budi daya semester I-2010 tercatat hanya 41,02 persen atau setara 2,25 juta ton dari target yang ditetapkan sebesar 5,38 juta ton.

Sedangkan realisasi produksi dari perikanan tangkap tercatat mencapai 3,88 juta ton atau setara 72,11 persen dari target 5,38 juta ton. Fadel berjanji akan tetap melaksanakan proyek minapolitan meskipun Dipa belum cair. Sejauh ini beberapa daerah sudah melakukan tender.

Dia menyebut, sejak awal, proyek minapolitan mengalami kendala, termasuk proses realokasi anggaran 182 miliar rupiah yang sempat ditolak Komisi IV DPR sehingga proyek menjadi mundur.

Di tempat yang sama, Ketua Komisi IV DPR Achmad Muqowam merasa prihatin dengan masih rendahnya realisasi produksi perikanan budi daya. “Ke depan harus ada perubahan yang rasional untuk bisa mencapai target produksi 353 persen. Kita hargai porsi lebih untuk budi daya, tetapi target harus terukur,” papar dia.

Di tempat yang sama, Kepala Riset Pusat Kajian Pembangunan Kelautan dan Peradaban Maritim Suhana menyatakan target produksi budi daya tahun ini akan sulit tercapai.

“Program masih dalam proses, anggaran belum turun. Kalau turun Oktober, kemungkinan proyek minapolitan baru akan berjalan November. Padahal siklus produksi budi daya itu butuh waktu tiga sampai empat bulan,” tandas dia. Dengan tenggat waktu yang hanya tersisa dua bulan, Suhana pesimistis target produksi bisa tercapai.
aan/E-2

Sumber : http://www.koran-jakarta.com/berita-detail.php?id=65632

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: