Skip to content

Produksi Perikanan Budidaya : Dari Ikan ke Rumput Laut

17/06/2009

Pergeseran Sumber Produksi Perikanan Budidaya

9 Komentar leave one →
  1. 17/06/2009 4:08 am

    Perikanan Budidaya memang mempunyai prospek yang sangat baik selain akan menyelamatkan sumber daya lautan dari kerusakan akibat operasional penangkapan di laut, over fishing dan juga illegal fishing, perikanan budidaya juga akan menghasilkan produksi yang kontinyu dan berkesinambungan.

    Indonesia yang hampir semua provinsinya mempunyai wilayah laut seharusnya bisa menjadikan potensi ini menjadi kekuatan ekonomi yang luar biasa besar dengan pengelolaan yang profesional dan jujur. Kenapa saya katakan jujur ? sebab selama ini ada indikasi kurangnya kejujuran dalam mengelola dana yang sudah di distribusikan pemerintah ke unit-unit usaha dan kelompok-kelompok yang bergerak di bidang perikanan.

    Budidaya rumput laut memang mengalami kemajuan yang luar biasa dalam tahun-tahun terakhir hampir di semua provinsi baik yang ada di Pulau Jawa maupun di Pulau-pulau di luar Jawa dan perkembangan Budidaya di Luar Pulau Jawa lebih berkembang , ini disebabkan lokasi serta kualitas perairannya relatif masih bagus.

    Hanya saja masih banyak kendala terutama fluktuasi harga yang sangat tajam menyebabkan perkembangan budidaya rumput laut ini tidak berkembang sepesat yang diharapkan. Sebagai contoh harga rumput laut kering jenis Cottoni pada petengahan tahun 2008 bisa mencapai Rp.25.000,-/kg di Jawa yang tahun-tahun sebelumnya tidak lebih dari Rp.6000,-/kg. Tetapi di akhir tahun 2008 mengalami penurunan drastis sampai Rp.10.000,-/kg daan sekarang harganya tinggal Rp.8000,-/kg.

    Ini disebabkan peningkatan produksi rumput laut tidak diimbangi dengan terciptanya pasar baru yang bisa menyerap hasil produksi. Terlambatnya menangkap peluang yang ada sehingga perkembangan industri Karagenan di dalam negeri tidak berkembang, sehingga hasil produksi tidak bisa terserap. Hal ini menyebabkan kita mudah dipermainkan pihak eksportir berkenaan dengan harga jual.

    Budidaya ikan khususnya ikan Kerapu juga mengalami kenaikan yang luar biasa. selain harganya cukup bagus juaga tidak terlalu fluktuatif, dan menunjukkan trend kenaikan setiap tahunnya.

    Semoga dengan semakin giatnya usaha Budidaya ini akan membantu menyelamatkan laut kita dari kerusakan.

    • pk2pm permalink*
      17/06/2009 5:36 am

      Terima kasih atas tambahan informasinya. Kami melihat memang peningkatan produksi rumput laut ini tidak diimbangi dengan kebijakan yang memadai. Bahkan dalam rencana Departemen Kelautan dan Perikanan untuk tahun 2010 terlihat belum memperhatikan adanya pergeseran produksi perikanan budidaya ini. Arah kebijakan dan program pengelolaan dan pemanfaatan rumput laut belum tercermin dari Rencana Pembangunan Kelautan dan Perikanan Tahun 2010. Semoga dengan adanya diskusi ini mendapatkan perhatian dari pemerintah dan DPR dalam menyusun anggaran pembangunan kelautan 2010.

      Suhana

  2. 17/06/2009 9:30 am

    dari kacamata awam saya kira kita perlu mengkaji atau jika perlu menyusun ulang rencana pembangunan perikanan yang terpadu (bukan sektoral) dengan berbagai sektor lain……rumput laut sebagai komoditas harus dipikirkan dengan baik mulai dari bagaimana membuatnya, lokasi tanamnya dimana, di value added-kan spt apa dan dipasarkan bagaimana…..nah hal tersebut jika kita \’petakan\’ dengan baik sampai pada level komunitas akan memberikan gambran yg baik utk renc td. buat Konsep pengembangan yang sederhana,misal
    1. tingkatkan pendatapan nelayan menjadi 1 jt/bln –> produksi 1juta ton/tahun
    2. dimana lokasinya
    3. nelayannya berapa
    4. rantai managementnya diperbaiki shg pemasaran jalan dgn target terjual 900rb ton/tahun (ekspor) dan local terserap 100rb ton/thn
    5. etc

    saya kira apa yang sudah dikerjakan Departemen teknis harus dirilis ke publik sehingga kita tahu ttg komoditas ini meliputi informasi dimana lokasi budidaya, kapasitas, supply chain managementnya hingga pemasaran dan potensinya..sehingga kita bisa memberikan masukan untuk menyusun rencana pembangunan perikanan pada komoditas rumput laut…..Tetapkan saja dulu target produksinya for instance pada tahun 2015 ditargetkan produksi sebesar 1juta ton shg pendapatan nelayan r.laut 1juta/bln, maka kita cari dimana lokasinya, butuh nelayan berapa, supporting infrastructure apa, pasar dimana….dsb,mungkin simple advice planningnya spt itu.

    hal tsb diperkuat dgn dukungan kebijakan pemerintah yang harus dilakukan…for instance, kapling laut mana yang harus disiapkan utk memproduksi, berapa sdm yang dibutuhkan pada skill tertentu, dipasarkan dimana…..(petakan supply chainnya) serta problems yang ada spt penyakit yang sering muncul jd kita bisa siapkan metode dan cara pengobatan yang efektif —-> perlu lab/dokter atau teknik budidaya yang baik—–nah riset yg sdh ada dipetakan ulang untuk menggabungkan \’puzzle\’ yg ada

    Jadi riset yang dihasilkan bisa menjadi masukan utk m\’nyusun kebijakan bagi renc. pembangunan perikanan (commodity seaweed). libatkan semua pihak including perguruan tinggi, community, local gov\’t kerjasama meriset hal tsb

  3. TOYO HARTOYO permalink
    25/07/2009 11:50 am

    saya ingin memasarkan rumput laut jenis gelidium, sargasum, spinosum, glacilaria. Sanggup kontinyu. 081912814322 (toyo)

  4. Muchtar Alim permalink
    15/10/2009 4:33 am

    Saya sedang mencari mitra bisnis yang ingin membeli rumput laut komoditas ekspor, daerah sulawesi-selatan..
    kontak
    085255793521
    di makassar

  5. muhammad syukri permalink
    08/01/2010 2:52 pm

    sedia rumput laut…hub..085342001165…Tarakan. an/ Muhammad Syukri

  6. 19/02/2010 12:40 am

    saya jual CD cara budidaya rumput laut yg benar, hanya dgn harga 50 ribu/CD. jika berminat silahkan hub.saya di 081-911857815 atau email rozi679@gmail.com.

    terima kasih

  7. Moritz permalink
    04/05/2010 8:35 am

    Perkenalkan saya Moritz dari PT. Panasia , Bandung
    Perusahaan kami akan melangsungkan proyek penanaman rumput laut di daerah Sulawesi Tenggara.
    Saya sedang mencari konsultan dan tenaga kerja (untuk jadi pegawai tetap) .
    Mohon infonya mengenai hal tsb.

    Trims.
    moritz_t@panasiagroup.co.id

    • pk2pm permalink*
      05/05/2010 3:02 am

      Terima kasih pak moritz, kami telah meneruskan email bapak ke konsultan yang memiliki kompetensi tentang budidaya rumput laut.

      Salam
      Suhana (Kepala Riset PK2PM)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: