Skip to content

WOC Lindungi Negara Donor

27/04/2009

Jakarta – Inisiatif pemerintah menyelenggarakan World Ocean Conference (WOC) dan Coral Triangle Initiative (CTI) pada 11-15 Mei 2009 di Manado, Sulawesi Utara, terkesan melindungi kepentingan negara-negara dan lembaga donor. Namun persoalan pokok lautan di Indonesia antara lain pembuangan limbah industri, pencurian ikan, serta meluasnya degradasi ekosistem pesisir akibat industrialisasi, terpinggirkan oleh hasrat ekonomi sesaat. Pernyataan ini dikemukakan Chalid Muhammad dari Institut Hijau Indonesia, saat memberikan pernyataan pers bersama beberapa LSM lain menentang diadakannya WOC dan CTI tersebut, di Jakarta, Jumat (3/4).
“Dalam 15 tahun terakhir, sepuluh negara, yaitu Thailand, Filipina, Taiwan, Korea, Panama, China, Vietnam, Malaysia, Kamboja, dan Myanmar menjadi aktor utama kejahatan perikanan di perairan Indonesia. Maraknya kejahatan perikanan ini akan berdampak pada ketidakberlanjutan sumber daya ikan, bahkan berujung pada krisis,” kata Chalid.
Penyelenggaraan WOC yang agenda utamanya adalah CTI dan Manado Ocean Declaration (MOD), diragukan mampu menjawab permasalahan kelautan di Indonesia. Karena agenda tersebut tidak menagih tanggung jawab negara-negara dan lembaga finansial yang telah menghancurkan kekayaan laut Indonesia.
Maka upaya mengoptimalkan peran laut dalam menangani masalah perubahan iklim yang menjadi tema utama WOC mustahil dapat terwujud. Sementara itu, Muhammad Karim dari Pusat Kajian Pembangunan Kelautan dan Peradaban Maritim menyoroti keberadaan nelayan tradisional. “Masalah utama ialah banyak nelayan kita yang tertangkap, bahkan sampai kapalnya dihancurkan. Padahal mereka mengambil ikan masih di kawasan Indonesia,” ucapnya.
Ia prihatin atas tidak adanya persepsi yang sama tentang batas laut satu negara dengan negara lain. “Saya tidak heran kalau hampir setiap tahun nelayan kita ditangkap, karena persepsi batas laut sesama negara saja belum dipahami secara benar,” tambahnya. (heru guntoro)

Sumber : http://www.sinarharapan.co.id/berita/0904/04/kesra02.html

Iklan
No comments yet

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: