Skip to content

LAPORAN HASIL SEMENTARA SURVEY : EDISI KEDUA

25/05/2009

logo

“ARAH KEBIJAKAN KELAUTAN PASCA PEMILU 2009 DAN WOC”

A. Pendahuluan

    Pembangunan kelautan di Indonesia selama tiga dasawarsa terakhir belum memberikan dampak yang signifikan terhadap upaya pengentasan kemiskinan yang secara makro ekonomi ditandai oleh penciptaan pertumbuhan ekonomi yang adil. Bidang kelautan selama periode waktu tersebut seolah-olah hanya menjadi pelengkap dalam konfigurasi pembangunan nasional. Oleh karena itu pendapat yang mengatakan bahwa saat itu telah terjadi marjinalisasi bidang kelautan menjadi tak terbantahkan. Mengapa hal ini terjadi ?  Karena, jika mereview kondisi perjalanan  bangsa sejak kemerdekaan maka kita sebagai bangsa belum memiliki sebuah visi bersama untuk membangunan kelautan ini dalam bentuk Ocean Policy, ocean economic maupun Ocean Governance.

    Pemilu 2009 merupakan momentum untuk menuju pembangunan kelautan dan perikanan yang bertanggugjawab. Berdasarkan hal tersebut maka Pusat Kajian Pembangunan Kelautan dan Peradaban Maritim (PK2PM) bermaksud mengadakan survey arah kebijakan pembangunan kelautan pasca pemilu 2009 dan WOC. Hasil survey ini akan secara berkala disampaikan kepada publik, khususnya para pengunjung blog PK2PM.

    Laporan edisi pertama sudah disampaikan kepada publik pada tanggal 2 Mei 2009, lengkapnya dapat diakses di http://pk2pm.wordpress.com/2009/05/02/laporan-hasil-sementara-survey/.

    B. Tujuan Survey

    1. Mengetahui pendapat dan harapan para pemangku kepentingan kelautan atas arah kebijakan kelautan pasca pemilu 2009;
    2. Mengetahui harapan para pemangku kepentingan terhadap kegiatan WOC 2009;

    C. Sasaran

    Sasaran survey ini dikhususkan bagi para pemangku kepentingan sektor kelautan yang memiliki akses terhadap internet.

    D. Penyelenggara Survey

      PK2PM mulai akhir April 2009 secara rutin akan mengadakan survey berkala dengan topik-topik tertentu bidang kelautan kepada para pemerhati kelautan yang memiliki akses terhadap internet. Hasil survey ini setiap minggunya akan kami sampaikan kepada publik melalui blog ini. Namun demikian hasil dari survey ini belum dapat dijadikan suatu kesimpulan dalam memandang suatu permasalahan. Hasil survey ini hanya sebagai bahan renungan kita semua dalam menentukan arah kebijakan pembangunan kelautan nasional di masa kini dan yang akan datang.

      Dalam edisi pertama ini kami mengambil tema tentang “Arah Kebijakan Kelautan Pasca Pemilu 2009 dan WOC”. Berdasarkan hal tersebut kami sangat mengharapkan partisipasi aktif para pemangku kepentingan kelautan untuk senantiasa mengisi kuisioner survey yang telah kami sediakan di blog PK2PM dengan alamat http://pk2pm.wordpress.com.

      E. Karakteristik Responden

        Pada edisi pertama, responden didominasi oleh para pegawai swasta, namun demikian pada edisi kedua ini responden lebih banyak didominasi oleh para pegawai negeri (PNS). Akan tetapi ada kesamaan dari responden, yaitu semua responden memiliki tingkat pendidikan yang tinggi, yaitu perguruan tinggi. Artinya bahwa responden yang mengisi form kuisioner tersebut merupakan responden yang memiliki tingkat pengetahuan yang baik dibidang kelautan dan perikanan.

        F. Pendapat Responden Atas Kebijakan Kelautan Nasional

          Berdasarkan hasil survey, semua responden berpendapat bahwa pembangunan kelautan dan perikanan saat ini belum sesuai dengan kepentingan masyarakat. Para responden memandang bahwa hal ini disebabkan :

          1. Kebijakan pembangunan masih bersifat sporadis dan lebih menekankan kepada pendekatan project, sebaiknya lebih diarahkan kepada program yang lebih berkesinambungan.
          2. Kebijakan terlalu diarahkan kepada kepentingan ekonomi yang terlalu makro, tanpa melihat adanya perubahan pada perekonomian masyarakat secara mikro.
          3. Seringkali kebijakan yang diimplementasikan tidak berdasarkan data dan informasi yang akurat dan terbaru, sehingga lengkah kebijakan pembangunan perikanan menjadi salah langkah.
          4. Rendahnya penegakan dan penerapan sanksi hukum. Apabila masyarakat pesisir yang termasuk dalam nelayan tradisional terindikasi melakukan perusakan ekosistem pesisir, sanksi dan penegakan hukum sangat cepat dilakukan. Akan tetapi bila menyangkut pengusaha yang mempunyai ‘backing’ pejabat atau aparat lainnya, hukum seakan buta dan bisu.
          5. Belum mengena pada substansi pemberdayaan sumber daya kelautan yg modern dan menjaga kelestariannya

          Sementara itu kebijakan pembangunan kelautan dan perikanan yang disarakan oleh para respoden dalam lima tahun kedepan adalah :

          1. Mendorong peningkatan kemampuan teknis dan pemahaman permasalahan sektor perikanan secara personal maupun tim work pada Departemen Kelautan dan Perikanan serta Dinas-dinas baik Provinsi, Kabupaten dan Kota.
          2. Menyusun dan mendorong terlaksananya kebijakan yang bersifat menyeluruh dalam mendorong kesejahteraan masyarakat pesiisr, serta menyusun mekanisme monitoring dan evaluasi yang tepat serta bersifat transparan.
          3. Mendorong implementasi kemitraan dengan berbagai elemen di daerah dan pusat, yang bersifat lintas sektoral dan lintas ilmu pengetahuan, akan tetapi tidak diaktualisasikan pada bentuk-bentuk project yang hanya mentargetkan hasil jangka pendek.
          4. Pemerintah harus berani mengambil kebijakan dalam pengemanan laut dari kegiatan pencurian yang dilakukan oleh kapal asing. Jadikan armada nelayan kita sekaligus menjadi ‘mata’ yang mengawasi aktivitas kapal asing, akan tetapi pemerintah juga harus memberikan kompensasi yang seimbang kepada masyarakat pesisir.
          5. 5. Bantuan pendidikan dan kesehatan untuk mesyarakt pesisir, terutama nelayan tradisional dan keluarganya.
          6. 6. Peningkatan kemampuan nelayan dlm meberdyakan sumber daya kelautan dng teknologi modern tanpa merusak lingkungan dan tetap menjaga kelestariannya

          G. Penutup

            Demikian hasil sementara survey kebijakan kelautan edisi kedua ini dengan tema “Arah Kebijakan Pembangunan Kelautan Pasca Pemilu 2009 dan WOC”. Kami ucapkan terima kasih kepada para pengunjung blog kami yang telah menyempatkan waktu dalam mengisi form survey ini. Hasil ini akan terus diperbaharui setiap minggunya sesuai dengan isian form survey yang telah diisi oleh para responden. Oleh sebab itu kami mengaharapkan kepada para pengunjung blog http://pk2pm.wordpress.com untuk dapat mengisi form survey yang sudah kami sediakan.

            Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi Pusat Kajian Pembangunan Kelautan dan Peradaban Maritim (PK2PM), dengan kontak :

            Muhamad Karim (Direktur)

            No HP : 08121888291

            Email : karim_mmi@yahoo.com

            Blog : http://pk2pm.wordpress.com

            Suhana (Kepala Riset dan Kebijakan Kelautan)

            No HP : 081310858708

            Email : suhanaipb@gmail.com

            Blog : http://pk2pm.wordpress.com atau http://suhana-ocean.blogspot.com

            About these ads
            No comments yet

            Berikan Balasan

            Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

            WordPress.com Logo

            You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

            Twitter picture

            You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

            Facebook photo

            You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

            Google+ photo

            You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

            Connecting to %s

            Ikuti

            Get every new post delivered to your Inbox.

            %d blogger menyukai ini: